Indonesia Galang Suara Dukung Palestina

Indonesia Galang Suara Dukung Palestina
Indonesia Galang Suara Dukung Palestina
JAKARTA - Upaya pemerintah Indonesia mendirikan perwakilan di Palestina masih menemui jalan buntu. Meskipun begitu, pihak Indonesia terus menjajaki negeri yang beribukota di Gaza itu. Caranya, dengan aneka bentuk kerjasama dan menggalang suara negara lain untuk mengakui Palestina sebagai negeri yang merdeka dan berdaulat.

Juru Bicara Kementerian Luar Negari (Kemenlu) Michael Tene di Jakarta, (2/3), menuturkan, upaya Indonesia mendirikan perwakilan di Palestina hingga saat ini belum bisa dikatakan gagal. Meskipun nyatanya meski diperjuangkan sejak beberapa tahun lalu tidak kunjung berhasil. "Terus kita jajaki dengan pemberian bantuan-bantuan," kata dia.

Menurut Tene, bantuan dari Indonesia yang diberikan kepada Palestina sudah lumayan kongkrit. Diantaranya, penguatan kapasitas building para pejabat negara yang dijajah Israel tersebut. Menurut Tene, sudah sejak lama sejumlah kementerian di negeri ini mengundang pejabat Palestina untuk mengikuti pelatihan.

Bentuk bantuan lainnya adalah, Indonesia mendorong negara-negara Asia-Afrika yang tergabung dalam NAASP (New Asian African Strategic Partnership) untuk mengakui kedaulatan negeri yang dipimpin oleh Mahmoud Abbas tersebut. "Indonesia sendiri sudah mengakui kedaulatan Palestina," ujar Tene. Begitu pula dengan kolega-kolega  Indonesia lainnya.

JAKARTA - Upaya pemerintah Indonesia mendirikan perwakilan di Palestina masih menemui jalan buntu. Meskipun begitu, pihak Indonesia terus menjajaki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News