Indonesia Harus Perbaiki Peringkat di Asian Para Games 2018

Indonesia Harus Perbaiki Peringkat di Asian Para Games 2018
Menko PMK, Puan Maharani. Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia menargetkan memperbaiki peringkat dalam ajang Asian Para Games 2018, di Jakarta dan Palembang. Pada event serupa 2014 lalu di Korea Selatan, delegasi Merah Putih hanya berada di posisi sembilan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyampaikan, kesiapan atlet untuk bertarung di Asian Para Games harus dipetakan. Apalagi, cabang olahraga yang dilombakan lebih banyak dibanding ASEAN Para Games.

Selain itu, kata Puan, kemampuan atlet negara-negara di luar ASEAN juga harus dilihat. Sebab, semua negara pasti mempersiapkan atletnya masing-masing untuk bisa menjadi juara pada Asian Para Games tahun depan.

"Yang saya minta ke Menpora adalah fokus mempersiapkan cabor mana yang sekarang ini kita kuat," kata Puan di kompleks Istana Negara Jakarta, Senin (2/10).

Mengacu prestasi Timnas Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2017 lalu, atletik merupakan salah satu cabang olahraga peyumbang medali, disusul renang yang banyak memecahkan rekor dan meraih medali emas. "Nanti di Asian Para Games kita juga harus bisa seperti itu," ucap Puan.

Setidaknya, kata politikus PDI Perjuangan itu, masih ada waktu lebih kurang satu tahun untuk mempersiapkan atlet dan fokus pada cabor yang diyakini mampu mendulang banyak medali.

"Tadi sesuai dengan arahan Pa Presiden, kita juga harus fokus menuju Asian Para Games tahun depan. Sebagai tuan rumah tentu tujuannya harus lebih baik. Kalau sebelumnya sembilan, nanti bisa tujuh atau lebih baik. Semua perlu persiapan dan latihan yang lebih matang," pungkas Puan. (fat/jpnn)

Pada event serupa 2014 lalu di Korea Selatan, delegasi Merah Putih hanya berada di posisi sembilan.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News