Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade Informatika Internasional 2022, Utus 2 Tim 

Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade Informatika Internasional 2022, Utus 2 Tim 
Dalam kompetisi International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34, Indonesia mengirimkan 8 peserta yang terbagi dalam 2 tim. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34.

Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 7-15 Agustus 2022.

Sekretaris Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti menguraikan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah.

Tim penyelenggara IOI 2022 telah melakukan berbagai koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait seperti Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk membantu dalam persiapan kedatangan para peserta dari luar negeri yang diperkirakan mencapai 360 peserta dari 89 tim dan 72 di antaranya akan hadir langsung ke Indonesia.

Suharti menambahkan kesuksesan perhelatan IOI ke-34 akan dibuktikan dari hasil kolaborasi pemerintah pusat, daerah, swasta, dan juga media. 

“Tim panitia penyelenggara IOI 2022 juga mendapat sambutan baik dan dukungan yang luar biasa dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, melalui berbagai satuan perangkat kerja daerah yang terkait. Kami ucapkan terima kasih atas dukungan tersebut,” tutur Sesjen Suharti di Jakarta, Rabu (20/7).

Pada kesempatan sama, IOI 2022 Host Organizing Committee sekaligus Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia, Brian Marshal menuturkan setelah dua tahun berturut-turut digelar secara daring, IOI 2022 di Indonesia akan menjadi kompetisi pertama yang diselenggarakan secara hibrida (daring dan luring).

“Alumni dan Pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) melalui wadah Ikatan Alumni (IA) TOKI merasa senang dan bangga dapat berkontribusi dan berkolaborasi dengan Kemendikbudristek dalam penyelenggaraan IOI 2022," ujar dia.

Dalam kompetisi International Olympiad in Informatics atau IOI ke-34, Indonesia mengirimkan 8 peserta yang terbagi dalam 2 tim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News