Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Rayana: Jangan Lupakan Andil Besar Iwan Bule

Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Rayana: Jangan Lupakan Andil Besar Iwan Bule
Mantan Ketum PSSI Komjen (Purn) Mochamad Iriawan dan Shin Tae Yong. Foto: sourcer for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Keberhasilan Timnas Indonesia mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar tidak terlepas dari peran Mantan Ketum PSSI Komjen (Purn) Mochamad Iriawan (Iwan Bule).

Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke 16 Besar untuk pertama kalinya di Piala Asia 2023 Qatar ini tidak dicapai secara instan tetapi melalui proses. 

"Bagaimana pun Iwan Bule punya peran," kata pengamat sepak bola Rayana Djakasurya di Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Proses itu, kata Rayana, kejelian Iwan Bule yang merupakan Caleg DPR RI Partai Gerindra Dapil Jawa Barat X ini dalam merekrut pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong untuk menangani Timnas Indonesia.

"Iwan Bule cukup jeli merekrut Shin Tae Yong yang reputasinya cukup bagus. Dan, saya tahu persis tidak mudah mendapatkan Shin Tae-yong yang sukses membawa Kotea Selatan mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018," katanya.

Tidak hanya itu saja, kata Rayana, Iwan Bule mau menerima dan mendengar kritikan saat memimpin PSSI.

"Saat itu, saya paling keras mengkritik PSSI. Dan, saya salut Iwan Bule yang tadinya tidak menguasai masalah sepakbola mau menerima usulan saya agar menyerahkan sepenuhnya manejemen Timnas Indonesia kepada Shin Tae Yong," ungkapnya.

Timnas Indonesia meraih tiket ke 16 besar setelah Kirgizstan bermain imbang melawan Oman 1-1 dan Bahrain mengalahkan Yordania dengan skor 0-1 pada Kamis (25/1/2024) malam.

Keberhasilan Timnas Indonesia mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar tidak terlepas dari peran Iwan Bule.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News