Indonesia Mau Tawarkan Kerupuk ke Rusia untuk Imbal Beli 11

Indonesia Mau Tawarkan Kerupuk ke Rusia untuk Imbal Beli 11
Sukhoi SU-35 buatan Rusia. Foto: rt.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan terus menginventarisasi produk-produk yang akan ditawarkan dalam imbal beli dalam pengadaan pesawat tempur Sukhoi SU-35 buatan Rusia. Dengan nilai produk perdagangan minimal USD 570 juta, Indonesia bisa mendapatkan 11 unit pesawat tempur Sukhoi SU-35 yang masing-masing senilai USD 90 juta.

"Masih ada sejumlah daftar yang disiapkan sebelum diserahkan ke Rusia untuk mereka bahas secara internal," ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di kompleks Istana Negara Jakarta, Senin (28/8).

Sebelumnya Enggar pada awal Agustus lalu sudah mengungkapkan rencana pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) buatan Komsomolsk-on-Amur Aircraft Plant (KnAAZ) itu melalui imbal beli. Menurutnya, pembahasan komoditas untuk imbal beli dengan Rusia makin diintensifkan.

RI Bakal Beli 11 Sukhoi SU-35 dengan Hasil Bumi

Enggar memerinci, ada sejumlah komoditas yang akan disodorkan ke Rusia. Antara lain furnitur, kopi, gula, karet maupun produk makanan. Bahkan, kerupuk pun jika memungkinkan untuk imbal beli akan dimasukkan ke dalam daftar.

“Serius. Saya kan kepingin ada nilai tambah. Kerupuk, lho. Sekarang di Nigeria, biskuit segala macam, ke Afrika itu ekspornya tinggi sekali. Dia punya nilai tambah," ucap Enggar meyakinkan.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga akan memasukkan produk PT Dirgantara Indonesia maupun PT Pindad ke dalam daftar komoditas untuk imbal beli dengan Rusia. "Kita bikin lisnya, silakan anda pilih, setelah itu kita negosiasi," tambah mantan politikus Golkar itu.(fat/jpnn)


Kementerian Perdagangan terus menginventarisasi produk-produk yang akan ditawarkan dalam imbal beli dalam pengadaan pesawat tempur Sukhoi SU-35 buatan


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News