Indonesia Sukses Gelar Pertemuan Pertama Sherpa Negara-Negara G20

Indonesia Sukses Gelar Pertemuan Pertama Sherpa Negara-Negara G20
Pertemuan pertama tingkat Sherpa G20 (1st G20 Sherpa Meeting) pada 7–8 Desember 2021 di Jakarta. Foto dok Kominfo

jpnn.com, BALI - Pertemuan pertama tingkat Sherpa G20 (1st G20 Sherpa Meeting) pada 7–8 Desember 2021 di Jakarta, menjadi pembuka dari seluruh rangkaian pertemuan Presidensi G20 Indonesia 2022.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menuturkan pertemuan tersebut tidak hanya sebagai pembuka, tetapi juga menjadi tolok ukur kepiawaian Indonesia dalam menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan konferensi tingkat tinggi internasional yang diadakan secara hybrid, yakni kombinasi daring dan luring.

"Pada pertemuan ini, sebanyak 21 delegasi hadir secara fisik di Jakarta, 14 negara lainnya hadir secara daring, sementara tiga negara hadir secara hybrid," ujar Johnny.

Johnny memastikan, pemantauan penerapan protokol kesehatan yang ketat dimulai sejak delegasi tiba di Indonesia. Para delegasi harus sudah mendapatkan vaksin dosis penuh, menunjukkan hasil swab PCR negatif yang diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam, dan mengunduh aplikasi pedulilindungi.

"Pemerintah juga menyediakan jalur khusus untuk kedatangan delegasi G20 agar meminimalisir kontak fisik dengan para penumpang maupun petugas bandara di sepanjang jalur kedatangan umum," katanya.

Menurutnya, pemerintah melakukan tes swab antigen setiap hari terhadap seluruh peserta pertemuan G20 dan menerapkan protokol bubble untuk mencegah penularan COVID-19.

Berdasarkan hasil pemantauan 1st Sherpa Meeting dari tahap kedatangan hingga keberangkatan delegasi, sebanyak 644 tes telah dilaksanakan dengan seluruhnya menunjukkan hasil negatif.

Johnny menyebut, pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo saat memberikan pengantar rapat terbatas mengenai evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang disiarkan lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/11).

Pertemuan pertama tingkat Sherpa G20 (1st G20 Sherpa Meeting) pada 7–8 Desember 2021 di Jakarta, menjadi pembuka dari seluruh rangkaian pertemuan Presidensi G20 Indonesia 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News