Indonesia Tanggapi Perang Mata Uang

Indonesia Tanggapi Perang Mata Uang
Indonesia Tanggapi Perang Mata Uang
JAKARTA - Melemahnya Dollar America  dan Yuan menjadi indikasi banyak kalangan, bahwa telah terjadi perang mata uang (currency war) antara Amerika dan Cina. Namun, pemerintah optimis, meski currency war ini membuat negara-negara di Asia ketar ketir, namun hal tersebut bisa diatasi Indonesia.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengungkapkan, sangat memahami terjadinya pelemahan nilai tukar Dolar Amerika dan Yuan. Penyebabnya ada negara yang tertekan karena khawatir posisi kompetitif dari ekspor mereka akan turun.

‘’Kita memahami kondisi, ada negara-negara yang tertekan karena khawatir posisi kompetitif ekspor mereka akan turun kalau seandainya currency war mereka menguat. Ada juga negara yang berupaya menjaga nilai ekspor bisa terus baik,’’ kata Agus, kepada wartawan, di DPR RI, Senin (25/10).

Karena itulah, dalam pertemuan negara-negara maju yang tergabung dalam G-20 beberapa waktu lalu, didapatkan kesepakatan antar negara khususnya di Asia, untuk menyamakan visi mereka tentang pertumbuhan ekonomi.

JAKARTA - Melemahnya Dollar America  dan Yuan menjadi indikasi banyak kalangan, bahwa telah terjadi perang mata uang (currency war) antara Amerika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News