Indonesia Tersingkir dari Piala AFF, PSSI Keberatan dengan Hasil Laga Thailand-Vietnam

Indonesia Tersingkir dari Piala AFF, PSSI Keberatan dengan Hasil Laga Thailand-Vietnam
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, BEKASI - Meski menang 5-1 atas Myanmar pada laga terakhir Grup A di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu (10/7) malam, Timnas U-19 Indonesia gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Penyebabnya tak lain karena Vietnam kontra Thailand bermain imbang 1-1.

Dengan aturan head to head maka Indonesia ada di posisi ketiga, di bawah Vietnam dan Thailand meski memiliki poin sama, 11.

PSSI berniat mengajukan protes resmi ke AFF terkait pertandingan Thailand versus Vietnam, yang berakhir imbang 1-1, karena dianggap merugikan Indonesia.

"Kami akan membicarakannya terlebih dahulu di PSSI. Kami akan menyampaikan bahwa kami cukup dirugikan," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7) malam.

PSSI mempertanyakan pertandingan Thailand melawan Vietnam karena kedua tim dianggap tidak berniat mencetak gol setelah skor imbang 1-1 dalam laga di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baik Vietnam dan Thailand memang sama-sama lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 jika kedudukan seri dengan gol.

Namun, di sisi lain, hasil sama kuat yang disertai gol antara Vietnam dan Thailand membuat peluang Indonesia ke babak empat besar tertutup meski skuad berjuluk "Garuda Nusantara" menundukkan Myanmar dengan skor 5-1 pada saat bersamaan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Meski menang 5-1 atas Myanmar pada Minggu (10/7) malam, Timnas U-19 Indonesia gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News