Indonesia Utus 17 Siswa Terbaik di Olimpiade Informatika Asia-Pasifik 2021

Indonesia Utus 17 Siswa Terbaik di Olimpiade Informatika Asia-Pasifik 2021
Asia Pacific Informatics Olympiad (APIO). Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Untuk ketiga kalinya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Informatika Asia-Pasifik (APIO).

Tahun ini, APIO ke-15 diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional bekerja sama dengan Ikatan Alumni Tim Olimpiade Komputer Indonesia (IA-TOKI), pada 21 sampai 26 Mei 2021.

Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Ainun Na’im menyambut para peserta APIO 2021 dan mengapresiasi para orang tua dan pendidik yang terus memberikan semangat belajar di tengah pandemi Covid-19. 

“Apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada para orang tua dan guru yang telah membangun semangat para siswa untuk tetap eksis melalui aktivitas-aktivitas positif seperti mengikuti kompetisi,” kata Ainun saat membuka acara secara virtual di Bogor, Jumat (21/5).

Melalui APIO 2021, Ainun menegaskan bahwa di tengah pandemi Covid-19 semua harus terus bersemangat dalam bertransformasi dan menciptakan lompatan-lompatan kemajuan di bidang informatika.

Dia yakin pandemi bukanlah satu-satunya tantangan yang dihadapi.

Di depan, masih membentang sederet tantangan yang harus dilalui bersama. 

"Tantangan akan menjadi peluang apabila kita bersama mampu saling silih asah, silih asuh, dan silih asih,” ujar Ainun. 

Indonesia menjadi tuan rumah APIO 2021 di mana tim yang disiapkan Kemendikbudristek sebanyak 17 siswa yang didominasi dari Jatim dan DKI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News