Indopol Survey: Elektabilitas Partai Gerindra di Dapil II Riau Melesat

Indopol Survey: Elektabilitas Partai Gerindra di Dapil II Riau Melesat
Direktur Eksekutif Indopol Survey Ratno Sulistiyanto. Foto: supplied

jpnn.com - Hasil survei Indonesia Political Survey & Consulting (Indopol Survey) memperlihatkan elektabilitas Partai Gerindra di daerah pemilihan (Dapil) II Riau, yakni Kampar teratas sebesar 22,3 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Indopol Survey Ratno Sulistiyanto, dengan temuan survei bulan Januari 2024 ini, menunjukkan bahwa Partai Gerindra melesat signifikan.

Dia menjelaskan ada dua hal yang menjadi faktor penyebab kenapa Partai Gerindra melesat signifikan, pertama, adanya efek ekor jas (coattail effect) atas pencalonan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Capres di Pilpres 2024.

"Kedua, figur caleg yang bertarung baik tingkat provinsi dan kabupaten memiliki popularitas dan elektabilitas yang cukup signifikan di masing-masing dapil di Kampar," ujar Ratno dikutip dari siaran pers, Jumat (9/2).

Adapun parpol yang membuntuti elektabilitas Gerindra di Dapil II Riau ialah Partai Golkar dengan elektabilitas 12,0 persen, PKS 11.5 persen.

Dia memperdisi tiga partai politik teratas ini akan mendominasi perolehan kursi di DPRD Riau.

Ratno Sulistiyanto juga membeberkan sejumlah nama caleg yang berpotensi mendapatkan kursi di DPRD Provinsi Riau.

Dia mengatakan beberapa incumbent diprediksi akan kembali lolos mendapatkan kursi, begitu pula cukup banyak pendatang baru yang akan duduk di kursi DPRD Riau dari dapil II (Kampar).

Direktur Eksekutif Indopol Survey Ratno Sulistiyanto menyebut hasil survei lembaganya memperlihatkan elektabilitas Partai Gerindra di Dapil II Riau melesat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News