Industri Film AS Terpuruk

Industri Film AS Terpuruk
Industri Film AS Terpuruk
LOSANGELES - Daftar film laris atau box office Amerika Utara mengalami akhir pekan terburuk dalam lebih dari sepuluh tahun terakhir. Terhitung total pendapatan di Amerika Serikat dan Kanada antara hari Jumat dan Minggu kemarin terhitung hanya sebesar USD 65 juta atau sekira Rp623 miliar.

Peringkat pertama box office pekan kemarin ditempati film The Possession yang hanya meraup USD9,5 juta, sebuah angka yang dianggap "cukup menakutkan" oleh kritikus film Paul Dergarabedian dari Hollywood.com. Terakhir kali pendapatan terendah yang pernah dicatat box office adalah akhir pekan 21-23 September 2001, dengan pendapatan USD59,7 juta atau sekira Rp527 miliar.  Sedangkan pendapatan untuk akhir pekan yang sama tahun lalu mencapai USD82 juta, saat film Contagion dirilis dan menempati pemuncak box office dengan nilai USD22,4 juta.

Menurut laman BBC (11/9), sejumlah film yang rilis pekan kemarin memang sepertinya tidak terlalu disukai pasar. Film drama Lawless yang menempati urutan kedua box office pekan ini hanya mendapatkan USD6 juta, dengan nilai total sejak rilis di Amerika dan Kanada sebesar USD23,5 juta. Di tempat ketiga ada The Words, sebuah film thriller romantis yang menampilkan Bradley Cooper sebagai seorang calon penulis, meraih USD5 juta.

Sementara The Expendables 2 berada di peringkat ke empat dengan pendapatan USD 4,7 juta setelah beredar selama empat pekan di bioskop. Sekuel film aksi lainnya The Bourne Legacy, masuk di peringkat ke lima dengan pendapatan akhir pekan kemarin mencapai USD 4 juta.Begitupun dengan film baru Bruce Willis, The Cold Light of Day, juga menjalani akhir pekan yang mengecewakan dengan berada di peringkat 13 yang hanya mengumpulkan pendapatan USD 1,8 juta sepanjang Jumat hingga Minggu kemarin.

LOSANGELES - Daftar film laris atau box office Amerika Utara mengalami akhir pekan terburuk dalam lebih dari sepuluh tahun terakhir. Terhitung total

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News