Jumat, 15 Desember 2017 – 11:21 WIB

Industri Game Indonesia Makin Luar Biasa, tapi Belum Terkelola

Kamis, 27 Juli 2017 – 18:31 WIB
Industri Game Indonesia Makin Luar Biasa, tapi Belum Terkelola - JPNN.COM

Aplikasi game Pokemon Go yang sempat membuat gamer kecanduan. Foto JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Era digital telah mendorong perkembangan industri game dan kreatif di Indonesia maju pesat. Berdasar data riset Newzoo, pasar game Indonesia terhitung sangat menjanjikan.

Namun, pelaku industri kreatif justru melontarkan peringatan agar pasar game di Indonesia bisa ditangani secara baik. Founder dan Kepala Bidang Games Cipta Kreasi Indonesia (CAKRA) Ivan Chen mengatakan, perkembangan pasar game perlu dikelola ketimbang menyisakan persoalan di kemudian hari.

"Kami CAKRA selaku asosiasi industri kreatif di Indonesia menyadari apabila hal ini tidak ditangani dengan cepat akan berdampak ketertinggalan perekonomian Indonesia secara signifikan di masa depan, khususnya industri kreatif dan game," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (27/7).

Pada 2015, pasar game di Indonesia mencetak pendapatan USD 321 juta. Jumlah itu melonjak lebih dari dua kali lipat menjadi USD 704 juta pada akhir 2016.

Sedangkan untuk semester pertama 2017, pasar game Indonesia sudah hampir menyentuh angka USD 900 juta dengan compound annual growth rate (CAGR) naik 200 persen setiap tahun dari tahun 2015.

Angka itu merupakan angka tertinggi di dunia. Sedangkan CAGR menjadi indikator yang lebih relevan dalam dunia ekonomi kreatif di negara-negara maju.

Dari besarnya potensi pasar industri game di Indonesia, porsi kue yang dikuasai pengembang lokal ternyata hanya kurang dari 1 persen. Sedangkan kualitas kemampuan sumber daya manusia, daya saing industri hingga skema program dan target pemerintah di sektor industri game masih berada di wilayah abu-abu.

Guna mencegah hal itu terjadi, CAKRA menginisiasi kerja sama dengan True Axion Interactive yang merupakan pemain global untuk meningkatkan daya saing dan kompetensi pengembang-pengembang lokal. Melalui kerja sama itu, CAKRA berupaya membentuk suatu ekosistem positif dengan membangun kolaborasi lintas sektor ekonomi kreatif dan melibatkan berbagai pihak terkait hingga dapat mempercepat akselerasi industri kreatif Indonesia.

SHARES
loading...
loading...
Komentar