INES Rilis Survei, Ada Kejutan soal Prabowo dan Gerindra

INES Rilis Survei, Ada Kejutan soal Prabowo dan Gerindra
Prabowo Subianto. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Network Election Survei (INES) mengukur respons masyarakat Indonesia terhadap kinerja Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dan pengaruhnya terhadap Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Ada kejutan dari survei yang dilakukan INES terhadap 2.450 responden pada 15-25 Februari 2018 itu.

Direktur Eksekutif INES  Sutisna mengatakan, saat responden disodori pertanyaan tentang calon presiden yang akan dipilih, ternyata hanya 31,2 persen yang mengaku bakal memilih Joko Widodo. Sebaliknya, responden yang spontan mengaku akan memilih Prabowo Subianto mencapai 40,2 persen. 

"Nama tokoh lain sebanyak 28,6 persen," kata Sutisna, Kamis (1/3).

Menurut Sutisna, yang menarik adalah jawaban atas pertanyaan yang sama namun mengunakan kuisioner tentang kinerja pemerintahan Jokowi dan capaiannya di bidang ekonomi. Ternyata hanya 26,4 persen yang memilih Jokowi.

“Yang mengagetkan justru Prabowo dipilih 49,2 persen. Nama Gatot Nurmantyo pun membayangi Jokowi dengan 11,9 persen," paparnya. 

Sedangkan nama lain yang muncul dalam survei INES adalah Muhaimin Iskandar (2,3 persen), Harry Tanoesoedibjo (1,3 persen), serta Ahmad Heryawan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Zulkifli Hasan masing-masing 1,1 persen. Adapun responden yang tidak memilih 5,6 persen. 

Sutisna menjelaskan, ada 63,3 persen responden yang menganggap kondisi ekonomi keluarga dan masyarakat (KEKM) saat ini sulit. Sedangkan 28,8 persen responden menyebut KEKM pas-pasan alias tidak punya sisa untuk ditabung.

Sisanya, hanya 4,9 persen responden yang mengakui kondisi ekonomi mengalami peningkatan.

Selain itu, INES juga menyurvei pilihan responden terharap partai politik. Hasilnya, elektabilitas parpol dalam Pemilu 2019 dipengaruhi oleh capres yang akan diusung.

Sutisna menjelaskan, sebanyak 89,8 responden memilih parpol yang mengusung capres yang mereka pilih. Sedangkan 10,2 persen tidak memilih parpol yang mengusung capres yang pilihannya. 

"Hampir 67,4 persen responden akan memilih partai yang mengusung Prabowo. Sementara hanya 23,8 persen saja dari pemilih Joko Widodo yang akan memilih parpol pengusungnya,” katanya.

Survei INES menunjukkan hanya 31,2 persen responden yang mengaku bakal memilih Joko Widodo. Sedangkan responden pemilih Prabowo Subianto mencapai 40,2 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News