Inflasi Masih Sangat Terkendali

Inflasi Masih Sangat Terkendali
BPS. FOTO: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur mencatat, pada Januari 2019, kelompok makanan berkontribusi sebesar 2,87 persen terhadap inflasi.

Sementara itu, inflasi Kaltim berada di level 0,56 persen. Indeks harga konsumen (IHK) juga mengalami perubahan dari 138,45 pada Desember 2018 menjadi 139,22 pada Januari 2019.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim Atqo Mardiyanto mengatakan, IHK merupakan salah satu indikator ekonomi yang digunakan untuk mengukur tingkat perubahan harga atau yang biasa disebut inflasi dan deflasi di tingkat konsumen, khususnya di daerah perkotaan.

Perubahan IHK dari waktu ke waktu menunjukkan pergerakan harga dari paket komoditas yang dikonsumsi oleh rumah tangga.

Secara tahun ke tahun, inflasi Kaltim sebesar 3,48 persen. Hal itu dipengaruhi peningkatan indeks harga pada kelompok bahan makanan sebesar 2,87 persen.

Setelah itu diikuti oleh kelompok sandang sebesar 0,82 persen serta kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar (0,22 persen).

Kemudian, pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,18 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau (0,13 persen), dan kelompok kesehatan (0,06 persen).

“Sementara itu, untuk kelompok transportasi dan komunikasi mengalami deflasi sebesar minus 0,79 persen,” kata Atqo kepada Kaltim Post di Kantor BPS Kaltim Jalan Kemakmuran, Samarinda, Jumat (1/2).

Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur mencatat, pada Januari 2019, kelompok makanan berkontribusi sebesar 2,87 persen terhadap inflasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News