Info dari Letjen Doni: Sudah Muncul Klaster Covid-19 dari Kerumunan Acara Habib Rizieq

Info dari Letjen Doni: Sudah Muncul Klaster Covid-19 dari Kerumunan Acara Habib Rizieq
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan klaster penyebaran Covid-19 dari acara Habib Rizieq Shihab di Petamburan dan Tebet di Jakarta, serta Megamendung di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Oleh karena itu Doni yang juga ketua Satgas Covid-19 meminta warga yang menghadiri acara-acara imam besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut segera melapor kepada ketua RT ataupu RW di tempat tinggal masing-masing.

"Yang kemarin ikut beraktivitas, mulai dari penjembutan di Bandara Soekarno Hatta, kegiatan Maulid Nabi di Tebet, dan juga di Megamendung, serta acara di Petamburan, kiranya dengan kesadaran sendiri untuk melaporkan diri kepada ketua RT dan ketua RW,"ujar Doni melalui siaran pers ke media, Jumat (20/11).

 

Data yang diterima Satgas Covid-19 per Kamis (19/11) memperlihatkan adanya 7 orang yang positif Covid-19 dari klaster Petamburan. Hal itu diketahui dari tes usap terhadap 15 orang.

Adapun pada Jumat (20/11) sore terdapat 20 orang yang positif Covid-19 dari klaster Megamendung. Jumlah itu merupakan hasil tes usap terhadap 559 orang.

Selanjutnya dari klaster Tebet ada 50 orang yang terkena Covid-19. Semuanya didapati setelah Habib Rizieq Shihab menggelar kegiatan di lokasi tersebut.

Doni pun mengharapkan kerja sama dari semua komponen masyarakat di berbagai daerah terutama di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Mantan Danjen Kopassus itu mendorong para ketua RT dan ketua RW menyampaikan pesan kepada pihak-pihak yang ikut menghadiri aktivitas Habib Rizieq segera aktif melaporkan diri.

Letjen Doni Monardo mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan klaster penyebaran Covid-19 dari acara-acara Habib Rizieq Shihab.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News