Info Terbaru Kemendikbudristek soal Rapor Pendidikan, Dijamin Sekolah Lebih Mudah 

Info Terbaru Kemendikbudristek soal Rapor Pendidikan, Dijamin Sekolah Lebih Mudah 
Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendibudristek Anindito Aditomo. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) merilis Rapor Pendidikan versi 2.0.

Menurut Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Anindito Aditomo, sejak dirilis tahun 2022, platform Rapor Pendidikan telah membantu lebih dari 284 ribu satuan pendidikan melakukan refleksi dan pembenahan, serta melakukan perencanaan berbasis data.

“Sebagai bagian dari Merdeka Belajar, Kemendikbudristek telah melaksanakan asesmen nasional yang mengukur kualitas hasil belajar literasi, numerasi, dan karakter serta kualitas lingkungan belajar di seluruh satuan pendidikan di Indonesia.” tutur Anindito Aditomo, Rabu (10/5).

Anindito menyebut hasil asesmen nasional (AN) disampaikan sebagai umpan balik dan dasar melakukan Perencanaan Berbasis Data melalui platform Rapor Pendidikan. Platform Rapor Pendidikan ini menjadi alat bagi satuan pendidikan untuk melakukan proses identifikasi, refleksi, dan benahi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Guna mengoptimalkan pemanfaatan platform, Kemendikbudristek terus melakukan evaluasi dengan menjaring masukan dan aspirasi dari para pemangku kepentingan.

Evaluasi tersebut mendorong Kemendikbudristek melakukan penyempurnaan platform Rapor Pendidikan secara berkelanjutan sehingga satuan pendidikan memperoleh bantuan yang makin relevan dalam merencanakan pembenahan.

Kini, platform Rapor Pendidikan Versi 2.0 telah dirilis dan dapat dimanfaatkan oleh satuan pendidikan, mulai dari PAUD, pendidikan dasar, menengah, SLB, hingga vokasi. Satuan pendidikan dapat menemukan beragam fitur baru.

“Saat ini platform Rapor Pendidikan hadir dengan proses identifikasi yang lebih ringkas, refleksi akar masalah yang lebih komprehensif, serta membantu satuan pendidikan untuk melakukan pembenahan dengan beragam inspirasi aksi pembenahan yang lebih mendorong aksi nyata," ungkap Nino, sapaan akrab kepala BSKAP Kemendikbudristek.

Info terbaru Kemendikbudristek soal Rapor Pendidikan, sekolah dijamin lebih mudah. Simak penjelasan lengkap ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News