Info Terbaru Status Gunung Karangetang

Info Terbaru Status Gunung Karangetang
Aktivitas Gunung Karangetang di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Pos PGA Karangetang.

jpnn.com - MANADO - Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Yudia P Tatipang menyampaikan informasi terbaru status Gunung Karangetang di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

Menurutnya status gunung masih siaga Level III, walaupun frekwensi guguran lava cenderung menurun.

"Jadi, belum diusulkan penurunan status, masih siaga, karena frekwensi guguran lava masih terlihat meluncur dari puncak kawah," ujar Yudia di Manado, Minggu (20/8).

Dia mengatakan tipe material Gunung Karangetang adalah encer dan lava yang keluar dari kawah itu bisa berlangsung cukup lama, hingga enam bulan.

Karena itu, dia berharap, warga tetap mematuhi radius bahaya yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG sehingga terhindar dari bahaya.

"Memang gempa guguran sering berfluktuasi, kadang sedikit hari ini sedikit, tetapi besoknya meningkat lagi," ucapnya.

Warga di Kelurahan Tatahadeng dan Kelurahan Tarorane, Kecamatan Siau Timur yang baru saja dipulangkan, harus tetap berhati-hati.

"Mereka dipulangkan sementara, kalau aktivitas kembali meningkat, gempa guguran meningkat, luncuran lava juga meningkat, mereka bisa dievakuasi lagi," katanya.

Informasi terbaru terkait status Gunung Karangetang, Sulawesi Utara dari Ketua Pos Pengamatan Gunung Api.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News