Informasi dari BPPTKG soal Situasi Terkini Gunung Merapi

Informasi dari BPPTKG soal Situasi Terkini Gunung Merapi
Gunung Merapi. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Kementerian ESDM mengimbau masyarakat, khususnya di sekitar Gunung Merapi tetap tenang dan tidak terpicu peredaran berita yang tidak bertanggung jawab.

BPPTKG memastikan, aktivitas kegempaan Merapi yang meningkat beberapa hari terakhir hingga menimbulkan guguran aktif, masih wajar terjadi.

Seperti terjadi pada Minggu (8/11) siang, terjadi guguran di lereng Gunung Merapi sisi barat.

Laporan BPPTKG, dikutip dari laman Kementerian ESDM di Jakarta, Senin, menyebutkan guguran tersebut terjadi sekitar pukul 12.50 WIB, yang secara visual tampak dari PGA Babadan Dukun Magelang, Jawa Tengah.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menyebut guguran Minggu itu memang mengarah ke barat yakni hulu Kali Sat.

Guguran terpantau sejauh tiga kilometer dari puncak dan menurut Hanik biasa terjadi dalam situasi Merapi yang sedang beraktivitas.

"Guguran tadi tidak disertai dengan kejadian awan panas. Untuk potensi bahaya saat ini masih sesuai rekomendasi, sejauh maksimal lima km dari puncak Merapi. Masyarakat diimbau untuk menjauhi radius tersebut," papar Hanik.

Gunung Merapi yang terletak di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu ditetapkan berstatus Siaga (Level 3) sejak 5 November 2020.

BPPTKG juga mengeluarkan imbauan penting buat masyarakat, khususnya di sekitar Gunung Merapi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News