JPNN.com

Informasi Penting seputar UNBK 2019

Kamis, 28 Februari 2019 – 00:45 WIB Informasi Penting seputar UNBK 2019 - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tujuh provinsi sudah 100 persen siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 untuk semua jenjang. Mulai SMP/Mts, SMA/MA, dan SMK sederajat.

"Yakni DKI Jakarta, Daerah Istimewa Jogjakarta, Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Bangka Belitung, dan Aceh," jelas Kepala Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Totok Suprayitno.

Berdasarkan data Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), persentase sekolah yang menerapkan UNBK se-Indonesia meningkat dibanding tahun lalu. Tingkat SMP/Mts di tahun 2019 mencapai 76,79 persen dari sebelumnya yang hanya 51,3 persen.

Sedangkan, SMA/SMK/MA sudah 97 persen. Meningkat drastis dari tahun lalu yang hanya 60 persen.

Sementara itu, bagi sekolah yang belum melaksanakan UNBK, tes akan dilakukan berbasis kertas dan pensil (UNKP). "Seperti di daerah bencana, Palu, Donggala, serta daerah 3T (terluar, terdepan, tertinggal, Red) yang infrastruktur dan SDM di sana terbatas," ucap Totok.

BACA JUGA: Tenang, UTBK SBMPTN Digelar Setelah Unas

Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan UNKP. Mulai pendistribusian, penerimaan, hingga pemindaian lembar jawab ujian nasional (LJUN). Penunjukkan tersebut disampaikan saat rapat koordinasi antara BSNP, Balitbang, Puspendik, dan beberapa direktorat terkait.

"Alasannya tahun ini sedikit sekolah yang melaksanakan UNKP. Sekaligus untuk meningkatkan integritas dan akuntabilitas pelaksanaan UNKP dan menjadikan LPMP sebagai pusat pengujian," terang Ketua BSNP Bambang Suryadi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...