Informasi Seputar SNMPTN 2020, Ada Beberapa Hal Baru

Informasi Seputar SNMPTN 2020, Ada Beberapa Hal Baru
Para siswa kelas IX SMA perlu tahu informasi seputar SNMPTN 2020. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemendikbud Prof Dr Ismunandar resmi meluncurkan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru PTN Tahun 2020, Jumat (15/11).

Menurut dia, ada beberapa hal baru terkait pelaksanaan SNMPTN 2020. Di antaranya tentang pemeringkatan siswa pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dilakukan oleh sekolah.

Kemudian jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah yaitu, sekolah dengan nilai akreditasi A sebanyak 40 persen, akreditasi B 25 persen dan sekolah dengan akreditasi C serta lainnya adalah 5 persen yang merupakan siswa terbaik di sekolahnya.

Kemudian untuk ujian tulis berbasis komputer (UTBK) 2020 waktu pelaksanaannya berlangsung selama satu minggu dengan 14 sesi (dua sesi setiap hari) dan dilaksanakan di 74 Pusat UTBK PTN.

Peserta UTBK hanya diperbolehkan mengikuti satu kali tes sesuai dengan kelompok tes yang diikutinya (Saintck, Soshum atau Campuran).

"Hasil UTBK 2020 hanya berlaku untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 dan hasilnya akan diberikan pada peserta secara individu. Hasil UTBK 2020 ini juga dapat digunakan oleh PTN dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri 2020," terang Ismunandar di Jakarta, Jumat (15/11).

Hal yang penting untuk diketahui oleh calon peserta SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2020 yaitu diterapkannya kebijakan Single Sign On (SSO) yang merupakan tahap awal dari pendaftaran SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2020 di mana setiap peserta wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Kerangka waktu untuk registrasi akun LTMPT dibagi menjadi dua yaitu untuk PDSS dan SNMPTN dilaksanakan tanggal 02 Desember 2019 sampai 07 Januari 2020 dan registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN dilaksanakan 7 Februari — 5 April 2020.

Ada beberapa hal baru dalam pelaksanaan SNMPTN 2020, antara lain pemeringkatan siswa pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa alias PDSS dilakukan oleh sekolah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News