6 Prodi yang Paling Diminati pada SNMPTN

6 Prodi yang Paling Diminati pada SNMPTN
Pendaftaran SNMPTN 2019. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Berdasarkan hasil pemetaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), ada enam prodi yang paling diminati tahun ini.

Yaitu untuk kelompok sains dan teknologi (saintek) ada teknik informatika, farmasi, dan kedokteran gigi. Sedangkan untuk kelompok sosial dan hukum (soshum) ada manajemen, ilmu komunikasi, dan akuntansi.

Data ini perlu diketahui para calon pendaftar SBMPTN gelombang II bakal dibuka mulai 25 Maret hingga 1 April mendatang.

Ketua Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Dr Ravik Karsidi menyatakan, enam prodi tersebut menjadi favorit di semua perguruan tinggi negeri pada SNM PTN.

”Kami perkirakan SBM PTN juga sama. Ini bisa jadi acuan calon peserta SBM PTN gelombang dua,” kata Ravik Karsidi seperti diberitakan Radar Malang (Jawa Pos Group).

BACA JUGA: Pengumuman SNMPTN 2019: Ini 10 PTN Penerima Peserta Terbanyak

Menurut dia, ada sedikit pergeseran dari data tahun lalu, di mana prodi sastra Korea dan pendidikan administrasi perkantoran diminati. Namun, tahun ini kalah dengan prodi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) dan pendidikan agama Islam (PAI).

”Sepertinya banyak memilih PGSD dan PAI agar ke depan bisa jadi guru,” ucap mantan rektor Universitas Sebelas Maret ini.

Enam program studi atau prodi yang sangat diminati pada SNMPTN 2019, bisa jadi pertimbangan bai yang akan mendaftar SBMPTN gelombang II.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News