Kursi UTBK di Universitas Brawijaya dan UM Hampir Penuh

Kursi UTBK di Universitas Brawijaya dan UM Hampir Penuh
Siswa SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Para siswa SMA/SMK kelas XII Malang Raya yang berminat kuliah di Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) sebaiknya segera mendaftarkan diri.

Karena jika tidak cepat, mereka bakal terancam mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) di luar kota dan bahkan bisa luar pulau. Hal ini karena kursi UTBK dua kampus di Kota Pendidikan ini sudah hampir penuh. Bahkan, UB sudah penuh sejak 11 Maret lalu dengan jumlah pendaftar 17.310 orang.

Sedangkan, di UM tinggal 10 persen kursi pendaftar yang belum terisi dari jumlah total 16.930 kursi, atau kurang 1.693 kursi. Perlu diketahui, pendaftaran UTBK ini menjadi syarat mutlak untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sedangkan jumlah siswa Malang Raya yang belum mendaftar mencapai sekitar 9 ribu siswa. ”Kuota UB sudah penuh sejak 11 Maret lalu untuk yang gelombang pertama. Jadi kalau mau daftar, nunggu gelombang kedua,” kata Wakil Rektor I UB Prof Dr drh Aulanni’am DES, saat dikonfirmasi.

BACA JUGA: 15 PTN Gabung dalam Sistem SMMPTN-Barat 2019

Menurut dia, gelombang dua tersebut bakal dibuka pada 25 Maret hingga 1 April mendatang. Sedangkan jumlah kursi pada UTBK gelombang dua ini sekitar 17 ribu. ”Jumlah kursi totalnya (dua gelombang) sekitar 34 ribu di UB,” ucap guru besar Fakultas Kedokteran UB ini.

Dia menambahkan, gelombang pertama tersebut sejatinya ditutup kemarin. Sehingga, bagi yang belum mendaftar bisa mencari kampus lain, seperti UM. ”Kalau (UM) sudah penuh juga, ya harus ke luar kota, atau luar pulau,” imbuhnya.

Lebih lanjut, kursi UB penuh dalam waktu sekitar 9 hari tersebut karena serbuan peserta dari daerah Jawa Timur (Jatim). Seperti Jombang, Pasuruan, Mojokerto, Blitar, dan Banyuwangi. ”Kebanyakan pesertanya dari lingkar Malang. Seperti Banyuwangi itu besar juga,” ungkap dia.

Pendaftaran UTBK ini menjadi syarat mutlak untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri alias SBMPTN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News