Selasa, 20 Agustus 2019 – 16:55 WIB

NISN dan NPSN Sejumlah Siswa MA tak Muncul di Laman UTBK

Selasa, 19 Maret 2019 – 16:37 WIB
NISN dan NPSN Sejumlah Siswa MA tak Muncul di Laman UTBK - JPNN.COM

jpnn.com, MALANG - Sejumlah siswa Madrasah Aliyah (MA) menghadapi masalah saat melakukan pendaftaran ujian tulis berbasis komputer (UTBK) untuk mengikuti SBMPTN 2019.

Hal ini lantaran nomor induk siswa nasional (NISN) dan nomor pokok sekolah nasional (NPSN) tidak bisa muncul di laman UTBK. Sehingga mereka terancam tidak bisa ikut UTBK jika tidak segera meng-update data sebelum masa ujian pada 22 April mendatang.

Tidak munculnya data siswa ini lantaran pusat data siswa dan sekolah milik Kemenag, yakni Education Management Information System (EMIS) tidak meng-update data NISN dan NPSN. Kebanyakan, siswa yang duduk di kelas XII MA masih dinyatakan sebagai siswa SMP saat dicek data NISN-nya.

Sementara, di NPSN beberapa siswa malah tidak terdaftar sebagai siswa MA. Jika tidak ter-update, secara otomatis tidak muncul opsi pendaftaran di laman UTBK dan dianggap tidak memenuhi syarat.

BACA JUGA: Capek - capek Belajar untuk Ujian Nasional, Nilai enggak Dipakai

”Dari 30 siswa MA ini, sebanyak 20 siswa masih tercatat sebagai siswa SMP. Padahal sudah beda jenjang,” ujar Nur Solikin, operator SMK Muhammadiyah, seperti dilaporkan Radar Malang (Jawa Pos Group).

Nur Solikin merasa ada yang aneh dalam kasus ini. Karena menurut dia, pihak sekolah rutin meng-update data siswa melalui EMIS. Hingga dua minggu dibukanya pendaftaran UTBK SBM PTN gelombang pertama, data tersebut tidak berubah sama sekali.

”Paling parah memang diderita siswa yang mendaftar Bidikmisi. Di laman UTBK saja tertera data siswa tidak valid,” ungkap dia.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar