Ingatlah Pesan Bung Karno dan Jenderal Soedirman

Ingatlah Pesan Bung Karno dan Jenderal Soedirman
Bung Karno. Foto: Public Domain.

jpnn.com, SEMARANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak 6.500 mahasiswa yang akan mengikuti pendidikan Bela Negara di Rindam IV Diponegoro, Magelang, menghayati pandangan Presiden RI-1 Soekarno dan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Dengan begitu mahasiswa bisa mempertahankan keutuhan NKRI berlandaskan Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika ke depan.

"Bung Karno pernah mengatakan, setiap manusia harus punya imajinasi dan impian. Dengan ke dua hal tersebut maka akan mampu menciptakan konsepsi. Dengan konsepsi mahasiswa akan punya keberanian untuk berbuat dan bertindak yang terbaik bagi bangsa," ujar Tjahjo dalam pesan elektronik yang diterima, Jumat (8/9).

Baca Juga:

Selain pandangan Bung Karno, mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini juga mengutip pernyataan Jenderal Soedirman.

Menurutnya, Soedirman pernah mengingatkan kejahatan akan semakin merajalela kalau orang baik berdiam diri.

"Semua (mahasiswa peserta Bela Negara,red) adalah orang baik, harus berani menentukan sikap. Mereka yang ingin mengganti Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan UUD 1945, itu lawan. Karenanya di samping belajar disiplin ilmu, implementasi Pancasila harus diterapkan," ucapnya.

Tjahjo mengingatkan para mahasiswa, bahwa tidak ada NKRI kalau tak ada keberagaman.

Hal tersebut harus dipahami dan para mahasiswa sama-sama belajar terkait perkembangan kehidupan yang mengalir begitu cepat.

Bung Karno pernah mengatakan, setiap manusia harus punya imajinasi dan impian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News