Masih Ada 17 Daerah Belum Punya Program Jaminan Kesehatan

Masih Ada 17 Daerah Belum Punya Program Jaminan Kesehatan
BPJS Kesehatan. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekitar 17 daerah di Indonesia masih belum memiliki program jaminan kesehatan yang terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dari sebelumnya.

Hal ini disayangkan Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris karena tidak sejalan dengan target pemerintah pusat, lantaran seluruh penduduk Indonesia dijamin kesehatannya pada 2019 mendatang.

"Sekarang ini tinggal 17 daerah (yang belum terintegrasi, red). Pelan-pelanlah. Tinggal kami kontak saja, kami mengoreksi anggaran setiap tahun," ujar Fahmi di Jakarta, Selasa (5/9).

Menurut Fahmi, pihaknya sampai saat ini terus melakukan upaya persuasif agar daerah bisa segera memiliki program jaminan kesehatan bagi masyarakat.

Menanggapi informasi tersebut, Mendagri Tjahjo Kumolo mengaku prihatin. Pihaknya akan berupaya mengingatkan 17 daerah yang dimaksud. Dengan demikian seluruh penduduk Indonesia dalam waktu dekat memiliki jaminan kesehatan.

"Itu yang kami sesalkan sampai ada kepala daerah yang tidak punya program kesehatan buat warganya, akan kami dorong semua," pungkas Tjahjo.(gir/jpnn)


BPJS Kesehatan rupanya masih belum begitu diprioritaskan. Buktinya masih ada 17 daerah yang belum memiliki program jaminan kesehatan.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News