Ingin ke AS untuk Membuatkan Baju Michelle Obama

Ingin ke AS untuk Membuatkan Baju Michelle Obama
Rafi Ridwan. Foto: Puspita Adiyani Candra/Jawa Pos

jpnn.com - Rafi Ridwan menjadi salah satu magnet di Mercedes-Benz Stylo Asia Fashion Week 2014 di Malaysia 20–22 Oktober lalu. Usianya baru 12 tahun, tapi desain bajunya layak disandingkan dengan karya desainer luar negeri sekalipun. Berikut catatan wartawan Jawa Pos (induk JPNN.com) PUSPITA ADIYANI CANDRA yang meliput event itu.

***

Slot ke-20 hari kedua Mercedes-Benz Stylo Asia Fashion Week (MBSAFW) 2014 di Matrade, Kuala Lumpur, 21 Oktober lalu, terlihat lebih segar. Busana-busana yang diperagakan para model punya cutting eksperimental dengan warna-warna mencolok khas koleksi autumn/summer. Nama Rafi Ridwan¬¬-Indonesia terpampang di screen.

Setelah seluruh koleksi ditampilkan, banyak yang tak menyangka, desainer yang keluar untuk diperkenalkan adalah seorang bocah laki-laki. Audiens yang terdiri atas buyer, media, pengamat fashion, fashion designer, dan pencinta fashion kontan memberikan aplaus panjang yang meriah. Sesaat kemudian, Rafi Ridwan, sang desainer cilik itu, menerima dua buket bunga dari audiens.

Rafi Abdurrahman Ridwan memang pantas menerima sanjungan itu. Bukan hanya untuk karyanya yang berkelas, tapi untuk keberanian bermimpi dan semangatnya yang luar biasa. Hebatnya lagi, sang desainer adalah penyandang tunarungu. Meski begitu, keterbatasan pendengaran tersebut tak menghalangi dia untuk berkarya dan berprestasi.

Desain Rafi sudah wira-wiri di berbagai fashion show dengan seleksi karya yang cukup ketat. Di antaranya, di Jakarta Fashion Week 2012 dan Festival Indonesia Melbourne 2012 di Australia. Sedangkan di ajang MBSAFW ini, panitialah yang mengundang Rafi untuk menampilkan karya-karya terbaru.

Rafi juga pernah diminta secara khusus oleh Tyra Banks untuk menyiapkan rancangan baju bagi America’s Next Top Model 2013 di Bali. Itulah salah satu prestasi Rafi yang membanggakan dirinya.  Tentu saja, capaian itu tak diraihnya dengan mudah dan tanpa kendala. Apalagi, Rafi tidak bisa mendengar sejak lahir.  

"Anak-anak seperti Rafi, visualnya memang kuat. Dia sudah bisa menggambar sejak umur 2 tahun. Dan, umur 4 tahun dia mulai menggambar baju-baju,” jelas Shinta Ayu Andayani, 35, ibunda Rafi yang menjadi interpreter bagi anaknya itu.

Rafi Ridwan menjadi salah satu magnet di Mercedes-Benz Stylo Asia Fashion Week 2014 di Malaysia 20–22 Oktober lalu. Usianya baru 12 tahun,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News