Ingin Panjang Umur? Coba Baca Ini

Ingin Panjang Umur? Coba Baca Ini
Tempat khusus liburan orang gemuk. Foto: AOL.co.uk

jpnn.com - PENELITIAN baru mengungkapkan kunci untuk umur yang lebih lama. Para peneliti menemukan menjaga berat badan yang sehat adalah faktor meningkatkan harapan hidup seseorang.

Sebuah studi besar di Inggris telah mengungkapkan berbagai faktor yang bisa meningkatkan harapan hidup, termasuk mempertahankan berat badan yang sehat dan pendidikan.

Dilakukan oleh para periset dari Universitas Edinburgh, tim peneliti tersebut menganalisis informasi genetik dari lebih dari 600.000 orang di samping catatan umur orang tua mereka dan memasukkan data dari 25 studi populasi terpisah dari Eropa, Australia dan Amerika Utara.

Telah diketahui bahwa beberapa pilihan gaya hidup sebagian dipengaruhi oleh DNA kita, misalnya peningkatan konsumsi alkohol.

Dengan mempertimbangkan hal ini, maka tim peneliti bisa menggunakan data tersebut untuk menghitung dampak berbagai gen tentang harapan hidup.

"Metode ini dirancang untuk menentukan faktor gaya hidup mana yang bisa menyebabkan orang hidup lebih lama atau lebih pendek," kata Profesor Jim Wilson dari Universitas Usher Institute di Edinburgh, seperti dilansir laman MSN.

"Kekuatan data dan genetika yang besar memungkinkan kami membandingkan efek berbagai perilaku dan penyakit dan membedakan antara hubungan dan efek kausal," jelas Wilson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mempertahankan berat badan yang sehat merupakan faktor penting yang memengaruhi harapan hidup, di mana mereka yang kelebihan berat badan ternyata mengurangi angka harapan hidup mereka hingga dua bulan untuk setiap kilogram ekstra berat yang dibawa.

600 ribu orang diteliti sehubungan dengan panjang umur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News