Ingin Terhindar Terkena Covid-19 Selama Liburan Lebaran, Lakukan Saja Hal Ini

Ingin Terhindar Terkena Covid-19 Selama Liburan Lebaran, Lakukan Saja Hal Ini
Ilustrasi logo keluarga. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - LIBUR lebaran sudah terasa sejak beberapa hari ini. Ada yang memilih mudik ke kampung halaman, tetapi ada yang tetap berada di kota masing-masing.

Namun, walau tidak mudik, Anda mungkin ingin tetap berlibur ke satu tempat. Nah, bagaimana menghindari terserang Covid-19 dan aman melakukan liburan lebaran?

Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Tjandra Yoga Aditama mengatakan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terkena COVID-19 selama masa libur Lebaran 1442 H.

Pertama, terapkan protokol kesehatan yang mencakup mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan rutin, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

" Kesadaran kita semua 3M dan menghindari kerumunan serta mengurangi mobilisasi adalah demi perlindungan kita sendiri," kata dia dalam pesan elektroniknya, Selasa.

Tjandra mengutip pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan, apabila Anda terpaksa berada dalam kerumunan, tetaplah berusaha menjaga jarak dan mempersingkat waktu berada di lokasi itu.

Terkait lokasi liburan, sebaiknya pilih yang berada di udara terbuka ketimbang dalam ruangan.

Hal ini juga sesuai dengan anjuran WHO yang menyatakan ruang udara terbuka lebih aman daripada ruang tertutup.

Ada beberapa tips aman terhindar dari covid saat liburan lebaran seperti dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News