Ini 2 Kasus Fuad yang Dilaporkan Mathur ke KPK

Ini 2 Kasus Fuad yang Dilaporkan Mathur ke KPK
Ini 2 Kasus Fuad yang Dilaporkan Mathur ke KPK. Mathur Husyairi yang semetara dirawat di rumah sakti. Foto Radar Madura/JPNN.com

jpnn.com - BANGKALAN - Hubungan Mathur Husyairi, aktivis antikorupsi yang ditembak di depan rumahnya Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Selasa dini hari (20/1) dengan KPK bisa dibilang dekat.

Berdasarkan penelusuran Radar Surabaya (Jawa Pos Group), pria 47 tahun tersebut  pada 2006 silam, pernah memberikan laporan kasus korupsi kepada KPK. Ada dua dugaan kasus korupsi yang dilaporkan ke KPK terkait dengan Ketua DPRD sekaligus mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron.

Dugaan korupsi itu terkait proyek pembangunan Pelabuhan MISI di Kecamatan Socah. Kemudian, pada 2014, dia juga melaporkan kasus dugaan korupsi Fuad Amin diproyek pengaspalan Jalan Bujuk Sarah di Desa Martajesah.

Pada awal Januari lalu, Mathur juga memimpin demo terkait dengan dugaan pungutan liar di dinas pendidikan dan pengangkatan CPNS di Badan Kepegawaian Daerah Bangkalan.

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjajanto membenarkan Mathur pernah beberapa kali memberikan informasi kepada KPK terkait dugaan korupsi di wilayah Bangkalan. Karena itu, KPK memberi perhatian terhadap peristiwa ini. Tetapi, dia berharap kasus penembakan itu bukan karena laporan korupsi yang dilaporkan ke KPK.

“Mudah-mudahan (motif penembakan) bukan karena aktivitas dia,” lanjut Bambang. (awa/jpnn)


BANGKALAN - Hubungan Mathur Husyairi, aktivis antikorupsi yang ditembak di depan rumahnya Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Selasa dini hari (20/1)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News