Ini 284 Titik Salat Id yang Digelar di Yogyakarta

Ini 284 Titik Salat Id yang Digelar di Yogyakarta
Salat Idulfitri. ILUSTRASI. Foto: JawaPos.com/JPNN.com

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan kalangan warga di wilayah setempat tetap menyelenggarakan Salat Idulfitri 1441 Hijriah berjemaah di 284 titik pada Minggu (24/5).

"Ada masjid, mushala dan ruang terbuka seperti halaman sekolah atau lapangan olahraga," kata Kepala Seksi Kemasjidan, Hisab Rukyat, dan Pembinaan Syariah Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag DIY Yosep Muniri saat dihubungi di Yogyakarta, Sabtu (23/5) malam.

Ke-284 lokasi itu terdiri atas 14 lokasi di Kota Yogyakarta, 68 lokasi di Bantul, 12 lokasi di Kulon Progo, 43 lokasi di Gunung Kidul, dan 147 lokasi di Sleman.

Menurut Yosep, jumlah lokasi terdata tersebut masih terbilang sedikit jika dibandingkan mushala dan masjid di DIY yang jumlah keseluruhannya mencapai lebih dari 13.000.

Ia mengatakan terhadap masyarakat serta seluruh takmir masjid/mushala di DIY, Kanwil Kemenag DIY telah berulang kali melakukan pendekatan dan memberikan imbauan agar pelaksanaan shalat id dilakukan di rumah baik secara sendiri atau dengan keluarga inti.

"Sudah banyak sekali imbauannya, sejak awal dulu sampai terakhir maklumat bersama. Imbauannya agar dilaksanakan di rumah masing-masing dan telah mengedarkan juga pedoman pelaksanaan Salat Idulfitri di rumah," kata dia.

Meski demikian, jika imbauan telah disampaikan namun tetap menggelar shalat idul fitri berjamaah di masjid atau ruang terbuka, ia meminta protokol kesehatan betul-betul dipatuhi.

Menurut Yosep, pelaksanaan protokol kesehatan akan mendapat pengawasan dari dinas kesehatan masing-masing kabupaten dan kepolisian.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan kalangan warga di wilayah setempat tetap menyelenggarakan Salat Idulfitri 1441 Hijriah berjemaah di 284 titik pada Minggu (24/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News