Ini 5 Dampak Jika Sembarangan Diet Bebas Gluten

Ini 5 Dampak Jika Sembarangan Diet Bebas Gluten
Diet. Foto: Harvard Health

jpnn.com - Diet bebas gluten banyak diminati karena manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Diet ini sukses dilakukan beberapa selebritas Hollywood, seperti Gwyneth Paltrow dan Jessica Alba.

Padahal, diet bebas gluten ini diperuntukkan bagi yang memang tidak bisa konsumsi gluten.

Pada zaman sekarang, makanan berlabel bebas gluten sudah tidak sulit lagi ditemukan. Bahkan, beberapa restoran sudah menyediakan makanan yang tidak mengandung gluten.

Meskipun diet ini diperuntukkan bagi mereka yang memang tidak bisa mengonsumsi gluten, tidak sedikit orang yang melakukan diet bebas gluten karena popularitas diet ini. Lalu, apa bahayanya jika diet ini dilakukan orang sehat?

Sekilas Tentang Diet Bebas Gluten

Gluten adalah sejenis protein yang biasa ditemukan dalam tanaman serealia atau biji-bijian seperti gandum. Gluten juga digunakan sebagai komponen pembuatan roti agar menjadi kenyal saat dipanggang.

Awalnya, diet bebas gluten hanya ditujukan untuk penderita celiac, suatu gangguan sistem imun terhadap gluten. Efek gluten bagi tubuh penderita celiac adalah sistem kekebalan tubuh akan merusak lapisan dari usus halus, sehingga dapat menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi dari makanan.

Kondisi ini bisa menyebabkan diare, kembung, turunnya berat badan dan penyakit lain seperti osteoporosis, infertilitas, gangguan saraf, dan kejang.

Bagi orang sehat, diet gluten ini tidak terlalu banyak memberikan manfaat. Bahkan, diet ini berisiko menimbulkan beberapa gangguan untuk kesehatan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News