Ini 5 Manfaat Kulit Jeruk

Ini 5 Manfaat Kulit Jeruk
Jeruk. Foto IST

jpnn.com - Tak banyak yang tahu kulit jeruk juga mempunyai manfaat besar. Umumnya, orang hanya tahu kalau buah jeruk baik untuk menjaga kesehatan kulit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti diungkap dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter. 

Itu sebabnya, orang-orang yang rutin konsumsi jeruk akan menjadi lebih jarang sakit. Tapi, kembali ke kulit jeruk, sebenarnya ada banyak manfaat yang juga bisa Anda dapatkan kalau tak membuangnya.

Nutrisi dalam kulit jeruk 

Meski termasuk buah populer, tak banyak yang tahu kalau kulit jeruk juga kaya akan beberapa nutrisi –seperti serat, vitamin C, dan senyawa tanaman seperti polifenol.

Dikutip dari Healthline, 1 sendok makan (6 gram) kulit jeruk bahkan mengandung vitamin C yang tiga kali lebih banyak dibandingkan buah. Dalam porsi yang sama, kulit jeruk mengemas serat sekitar 4 kali lebih banyak dari buahnya.

Seperti Anda tahu, asupan vitamin C dan serat yang tinggi bermanfaat bagi jantung dan kesehatan pencernaan, imunitas, serta dapat melindungi Anda dari jenis kanker tertentu.

Manfaat kulit jeruk

Meski punya nutrisi yang baik untuk kesehatan, kulit jeruk ternyata sangat bermanfaat untuk banyak keperluan, yang mungkin tidak pernah Anda duga. Berikut deretan manfaat yang bisa Anda dapatkan:

Itu adalah manfaat tak terduga dari kulit jeruk yang selama ini mungkin Anda abaikan begitu saja. Jadi, sekarang kalau mau makan jeruk jangan langsung buang kulitnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News