Ini 5 Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Ini 5 Penyebab Bau Badan Tak Sedap
Ilustrasi bau badan tak sedap. Foto: gqindia

jpnn.com - Menghirup aroma yang tak sedap tentu saja menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi siapa pun. Itulah sebabnya saat tubuh mengeluarkan bau badan tak sedap, orang-orang pun enggan berada di sekitar Anda.

Secara alami, bau badan tercipta karena interaksi antara bakteri dengan keringat di permukaan kulit tubuh Anda. Bakteri bisa memecah protein dalam keringat menjadi asam yang akhirnya menimbulkan bau tak sedap.

Meskipun bau badan terjadi secara alami, terdapat beberapa faktor penyebab seseorang cenderung memiliki bau badan tak sedap. Berikut ini adalah penyebab bau badan beserta penjelasannya:

1. Keringat berlebih

Selain mengalami peningkatan aktivitas fisik, beberapa orang dapat memproduksi keringat secara berlebihan. Kondisi ini disebut dengan hiperhidrosis.

Area tubuh yang mengandung keringat banyak menjadi tempat yang tepat untuk berkembangnya bakteri. Semakin banyak jumlah bakteri yang berinteraksi dengan keringat, semakin besar pula kemungkinan bau badan tak sedap yang ditimbulkan.

2. Konsumsi makanan tertentu

Beberapa jenis makanan dapat menimbulkan bau badan tak sedap karena cenderung membuat Anda berkeringat berlebih, misalnya saja makanan pedas. Selain itu, terdapat makanan yang aromanya dapat memengaruhi bau keringat, sehingga menimbulkan bau badan tak sedap.

Secara alami, bau badan tercipta karena interaksi antara bakteri dengan keringat di permukaan kulit tubuh Anda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News