Ini 5 Penyebab Ketiak Berwarna Hitam

Ini 5 Penyebab Ketiak Berwarna Hitam
Kulit ketiak. Foto IST

jpnn.com - Ketiak hitam akibat penggunaan deodoran dapat menurunkan rasa percaya diri Anda. Untuk menjaga ketiak supaya tidak menghitam, Anda harus tahu apa saja yang menyebabkan menjadi hitam.

Penyebab ketiak hitam selain deodoran

Selain itu, cara mengatasi ketiak hitam sebenarnya juga bisa dilakukan dengan mengetahui penyebab-penyebab umum selain penggunaan deodoran. Misalnya, seperti:

1. Mencukur rambut ketiak

“Mencukur rambut ketiak bisa menyebabkan kulit ketiak Anda menghitam. Warna hitam ini disebabkan oleh folikel rambut yang berada tepat di bawah permukaan kulit,” jelas dr. Adeline. 

Ketimbang mencukurnya, Anda lebih disarankan untuk melakukan waxing agar rambut ketiak bisa terangkat tuntas sampai ke akar-akarnya dan tidak meninggalkan sisa di bawah permukaan kulit. Akan tetapi, teknik ini tidak boleh dilakukan terlalu sering karena bisa mengakibatkan hiperpigmentasi. 

Namun, jika ingin lebih aman dan benar-benar terhindar dari ketiak hitam, Anda bisa mencoba metode laser. Meski biaya yang Anda dikeluarkan akan lebih besar, hasilnya lebih baik.

2. Infeksi Bakteri

Sel-sel kulit yang mati dapat terbentuk di sekujur tubuh dan terakumulasi di permukaan kulit. Tak terkecuali pada kulit ketiak.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News