Ini 5 Provinsi Dengan Lonjakan Kasus Covid-19 Paling Tinggi, DKI Nomor 3

Ini 5 Provinsi Dengan Lonjakan Kasus Covid-19 Paling Tinggi, DKI Nomor 3
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan kenaikan kasus penyakit yang disebabkan oleh Sars-CoV-2 itu mengalami peningkatan sebanyak 40.821 kasus selama satu minggu terakhir.

Menurutnya, jumlah kenaikan kasus paling banyak terjadi di Pulau Jawa yaitu 21.591 kasus atau 53 persen dari jumlah seluruh kasus secara nasional.

"Hanya dengan enam provinsi di Pulau Jawa menyumbang lebih dari setengah total kasus nasional," kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa (1/6).

Wiku menambahkan kondisi Pulau Jawa sebagai pulau dengan penduduk paling padat memungkinkan lonjakan kasus terjadi lebih tinggi dibanding pulau lainnya.

Dia juga menyebutkan lima provinsi dengan kenaikan jumlah kasus Covid-19 paling tinggi per satu minggu terakhir, agar pemerintah daerah setempat bisa segera memperbaiki penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing.

"Jawa Barat 7.246 kasus, Jawa Tengah 5.568, DKI Jakarta 5.324, Riau 4.737, dan Kepulauan Riau 2.008," sebut Prof Wiku.

Wiku mengimbau masyarakat untuk terus disiplin melaksanakan protok kesehatan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. (mcr9/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Hanya dengan enam provinsi di Pulau Jawa menyumbang lebih dari setengah total kasus Covid-19 nasional.


Redaktur & Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News