Ini 6 Alasan Anda Harus Periksa Kesehatan Pascabanjir

Ini 6 Alasan Anda Harus Periksa Kesehatan Pascabanjir
Banjir. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Air banjir membawa lumpur dan sampah yang pastinya membawa bakteri dan parasit. Kuman pembawa penyakit ini bisa berasal dari air banjir (water-borne disease) itu sendiri, ataupun bersumber dari serangga (vector-borne disease).

Saat kuman-kuman ini masuk ke dalam tubuh, ditambah daya tahan tubuh sedang turun pascabanjir, Anda pun akan mudah terinfeksi dan jatuh sakit.

Itulah sebabnya, pemeriksaan kesehatan sangat diperlukan setelah Anda mengalami banjir besar.

Waspada beragam penyakit

Kuman-kuman tersebut berpotensi membawa sakit penyakit yang tentunya merugikan kesehatan Anda. Apa saja penyakit yang berpotensi menyerang pasca banjir? Berikut daftarnya seperti disampaikan dr. Nadia Octavia dari KlikDokter:

1. Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira dan biasanya terdapat di urine hewan, misalnya tikus. Saat banjir, tikus yang tadinya bersembunyi di tempat-tempat tertentu terpaksa keluar “kandang”. Akhirnya, tikus berada dekat manusia dan berisiko menginfeksi.

Mungkin saja urine tikus mengontaminasi makanan Anda, atau tidak sengaja menyentuh luka terbuka yang Anda miliki. Bakteri pun akan dengan mudah masuk dan menginfeksi. Hal ini bisa dicegah dengan selalu membersihkan tubuh dengan sabun dan air bersih setelah berkontak dengan air kotor.

Kuman pembawa penyakit ini bisa berasal dari air banjir (water-borne disease) itu sendiri, ataupun bersumber dari serangga (vector-borne disease).

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News