Ini 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Olahraga

Ini 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Olahraga
Ilustrasi - Warga berolahraga di Kompleks SUGBK, Jakarta. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com - Olahraga bisa menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. Akan tetapi, tanpa pengetahuan yang cukup, Anda bisa pula melakukan kesalahan saat olahraga. Olahraga pun bisa tidak efektif bahkan berisiko menyebabkan cedera.

Perhatikan ini sebelum olahraga

Seperti disarankan Badan Kesehatan Dunia atau WHO, olahraga sudah seharusnya menjadi sebuah rutinitas dan menjadi pola hidup sehat. Nah, agar olahraga berjalan lancar dan manfaatnya optimal bisa dirasakan tubuh, hindari melakukan beberapa kesalahan berikut:

1. Pemanasan

Pemanasan merupakan salah satu menu wajib sebelum berolahraga. Pemanasan biasanya dilakukan dengan melakukan joging dan peregangan otot (stretching). 

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan denyut nadi, asupan darah, dan mempersiapkan otot agar siap untuk digunakan saat berolahraga.

Banyak yang menganggap enteng pemanasan sebelum olahraga dan tidak melakukannya. Padahal, jika tubuh belum siap untuk melakukan aktivitas berat seperti olahraga, risikonya terjadi cedera otot, ligamen, atau tendon.

2. Asupan sebelum olahraga 

Olahraga juga bisa tidak efektif bahkan berisiko menyebabkan cedera jika salah melakukannya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News