Ini 8 Fakta tentang Pesawat Tempur Hawk 209 yang Jatuh di Riau

Ini 8 Fakta tentang Pesawat Tempur Hawk 209 yang Jatuh di Riau
Suasana setelah pesawat tempur TNI AU jatuh dan menimpa rumah kosong di RT 4, RW 1, Dusun I Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kampar, Senin (15/6). Foto: WARGA FOR RIAU POS.CO

jpnn.com, JAKARTA - Pesawat tempur Hawk 209 milik TNI Angkatan Udara jatuh di Kampar, Pekanbaru, Riau pada Senin kemarin.

Hawk 200 jatuh dengan posisi bagian tengah badan pesawat hingga kepala hancur, terbakar dan terkelupas.

Bagian yang tampak utuh hanya ekor tetapi kondisinya juga setengah hancur dan terbakar. Di badan pesawat tampak sisa lambang TNI AU dengan tulisan TN sedangkan huruf A dan U hangus terbakar.

Sedangkan di bagian sirip atas pesawat juga menyisakan huruf TT-020S yang juga sudah susah untuk dibaca. Kode ini merupakan nomor registrasi pesawat.

Pesawat tempur Hawk 200/209 ini jatuh tepat di Perumahan Sialang Indah, yang berada di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kampar. Pesawat jatuh tepat pukul 08.13 WIB. (ngopibareng/jpnn)

Ini beberapa fakta dan kemampuan tempur pesawat Hawk andalan Indonesia:

1. Disebut Hawk 209

Di Indonesia, pesawat tempur Hawk 209 merupakan pesawat tempur lapis kedua. Oleh pihak pembuatnya, yakni British Aerospace (BAe), Hawk seri 200 yang dibeli Indonesia diberi kode 9.

Pesawat Tempur Hawk 209 yang jatuh menimpa rumah warga di Riau adalah buatan Inggris.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News