Ini Alasan FFI Ngotot Kirimkan Tim Putri ke SEA Games 2022, Ternyata

Ini Alasan FFI Ngotot Kirimkan Tim Putri ke SEA Games 2022, Ternyata
Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF

jpnn.com, JAKARTA - Federasi Futsal Indonesia (FFI) enggan mengirimkan tim futsal putra ke SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam dan lebih memilih mengirimkan tim putri.

Kepastian itu terungkap setelah tim review peningkatan prestasi olahraga nasional yang diketuai oleh Prof. Asmawi bersurat ke FFI.

Tim yang terdiri dari pakar olahraga, akademisi, praktisi olahraga, unsur KONI Pusat, NOC Indonesia hingga Kemenpora sejatinya pada 31 Maret lalu sudah merekomendasikan tim futsal putra yang bakal dikirimkan ke Vietnam. Namun , sikap berbeda justru ditunjukkan oleh FFI.

Dalam suratnya bernomor 1390/Nasional/III-2022 yang dikeluarkan tanggal 31 Maret, terungkap bahwa FFI memilih hanya mengirimkan tim putri ke SEA Games nanti.

Tentu saja, surat itu tak sesuai dengan rekomendasi tim review. Pasalnya, target tim bentukan pemerintah itu ialah memprioritaskan pengiriman cabor yang berpeluang meraih medali, minimal perak.

Tim futsal putra sendiri berpeluang besar meraih medali perak karena pada SEA Games 2019 lalu, mereka menjadi runner up. Apalagi, melihat kekuatan mereka pada 2022 ini yang bagus, bisa saja malah medali emas diraih.

Sebagai bukti, di ajang Piala AFF Futsal 2022, Timnas Futsal Putra Indonesia menjadi runner up setelah kalah melalui adu penalti lawan tuan rumah Thailand.

Rekam jejak tim putra itu jelas, sebaliknya jika memaksakan tim putri, maka target medali minimal perak berpeluang besar melayang. Pasalnya, FFI tak mengukur prestasi tim putri pada SEA Games 2017 lalu yang hanya meraih perunggu. Ditambah lagi, mereka harus bersusah payah untuk sekadar meraih medali itu.

Timnas Futsal Putra sudah direkomendasikan tim review untuk berangkat ke SEA Games, sayang FFI maunya mengirimkan tim putri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News