Selasa, 13 November 2018 – 07:37 WIB

Ini Alasan Orang Pingsan Saat Melihat Darah

Jumat, 02 November 2018 – 19:08 WIB
Ini Alasan Orang Pingsan Saat Melihat Darah - JPNN.COM

jpnn.com - Mungkin Anda tidak habis pikir bila mengetahui ada teman atau saudara yang mudah pingsan atau pusing hanya karena menonton film perang berdarah-darah di TV atau melihat darah saat tangannya sendiri teriris pisau.

Namun ternyata orang-orang yang gampang pingsan ketika melihat darah ini tidaklah susah ditemukan. Diperkirakan jumlahnya mencapai 2 sampai 4 persen dari keseluruhan populasi.

Ketika Anda pingsan saat melihat darah, Anda mengalami sinkop vasovagal yang membuat detak jantung dan tekanan darah Anda menurun drastis. Ketika tekanan darah Anda turun begitu tiba-tiba, aliran darah yang berkurang ke otak Anda menyebabkan Anda pingsan.

Kecuali Anda menunjukkan tanda-tanda memiliki tekanan darah rendah yang kronis, pingsan dari respon vasovagal bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan atau alasan untuk menelepon 911. Namun, jika pingsan Anda acak, Anda mungkin ingin menemui dokter untuk memastikan itu bukan tanda kondisi yang lebih serius.

"Alasan lain orang pingsan saat melihat darah bisa menjadi sifat yang diwariskan," kata Fred Jaeger, DO, direktur medis Pusat untuk Sinkop dan Gangguan Otak di Klinik Cleveland di Ohio, seperti dilansir laman MSN, Kamis (1/11).

Pingsan mungkin merupakan respons yang diturunkan dari nenek moyang manusia gua kita. "Misalnya, jika Anda manusia gua dan manusia gua lain datang dan memotong lengan Anda, pemandangan darah atau cedera bisa menyebabkan Anda pingsan," jelas Dr. Jaeger.

Dr. Jaeger menunjukkan bahwa sinkop vasovagal mungkin merupakan sifat yang diturunkan oleh mereka yang hidup untuk bertempur di hari lain — contoh sempurna dari survival of the fittest. Setelah Anda mengetahui tanda-tanda yang jelas bahwa Anda akan pingsan, Anda bisa melakukan hal-hal seperti berbaring atau duduk dan menyangga kaki Anda.

Ini membantu gravitasi menjaga aliran darah ke otak Anda. Untuk pulih dengan cepat setelah pingsan, gunakan teknik tegangan yang diterapkan untuk meningkatkan aliran darah Anda lagi.(fny/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar