Ini Alasan Scrub Badan Dilarang Dipakai di Wajah

Ini Alasan Scrub Badan Dilarang Dipakai di Wajah
Cara yang tepat membersihkan wajah. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Mendapatkan kulit lembut dan cerah, baik wajah maupun badan, tak bisa diwujudkan bila hanya mengandalkan sabun. Sebab, sabun tak punya kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati, terutama sabun mandi.

Dibutuhkan scrub badan untuk melakukan hal tersebut.

Lebih Kasar dan Bahan Aktifnya Terlalu Kuat

Nah, bicara soal scrub badan, terkadang ada juga yang mengaplikasikannya ke wajah karena bahan yang dipakai merupakan bahan alami, seperti gula, kopi, atau garam, serta bahan-bahan lainnya. Sehingga, ada pemikiran, hal itu tidak apa-apa dilakukan dan minim efek samping.

Kenyataannya, mengaplikasikan scrub badan ke wajah itu sangat tidak direkomendasikan, sekalipun bahan-bahannya adalah bahan alami dan memiliki fungsi yang sama.

Kulit badan dan wajah itu berbeda. Kulit wajah jauh lebih tipis dan sensitif ketimbang kulit badan, sehingga membutuhkan sesuatu yang lebih lembut.

Untuk alasan yang satu ini, mirip dengan alasan mengapa Anda tidak boleh mengaplikasikan sabun badan ke wajah.

Scrub badan biasanya memiliki butiran yang lebih besar dan kasar ketimbang butiran scrub khusus wajah. Bahan aktif yang dikandung scrub badan juga akan lebih kuat (konsentrasi asamnya lebih tinggi), sehingga berbahaya kalau dipakai di wajah.

Kenyataannya, mengaplikasikan scrub badan ke wajah itu sangat tidak direkomendasikan, sekalipun bahan-bahannya adalah bahan alami dan memiliki fungsi yang sama.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News