Ini Alasan Sri Mulyani Menaikkan Batas Bawah Pertumbuhan Ekonomi

Ini Alasan Sri Mulyani Menaikkan Batas Bawah Pertumbuhan Ekonomi
Menkeu Sri Mulyani bersama DPR RI sepakat menaikkan batas bawah target pertumbuhan ekonomi 2022. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menkeu Sri Mulyani Indrawati bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sepakat untuk menaikkan batas bawah target pertumbuhan ekonomi Indonesia 2022.

“Pemerintah dan Komisi XI DPR RI sepakat untuk menaikkan batas bawah target pertumbuhan ekonomi dari lima persen menjadi 5,2 persen,” kata Sri Mulyani seperti dikutip dari Antara, Rabu (1/9).

Sri Mulyani mengatakan asumsi makroekonomi yang juga mengalami perubahan adalah tingkat suku bunga SBN 10 tahun dari 6,82 persen menjadi 6,8 persen.

Dia memerinci asumsi makroekonomi tahun depan meliputi target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2-5,5 persen, inflasi tiga persen, nilai tukar rupiah Rp 14.350 per USD dan tingkat suku bunga SUN 10 tahun 6,8 persen.

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu membeberkan perubahan asumsi makro diputuskan melalui rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI.

Kedua belah pihak membahas terkait asumsi dasar ekonomi makro dan target pertumbuhan RAPBN Tahun Anggaran 2022.

Sri Mulyani menegaskan pemerintah terus berkomitmen untuk melakukan penguatan penanganan sektor kesehatan karena kunci memulihkan ekonomi adalah dengan menurunkan kasus COVID-19.

"Pemerintah juga akan terus menstimulasi aktivitas ekonomi melalui berbagai bentuk program perlindungan sosial maupun insentif untuk dunia usaha," ujar Sri Mulyani.

Menkeu Sri Mulyani bersama DPR RI sepakat menaikkan batas bawah target pertumbuhan ekonomi 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News