Ini Alasan Wamendag Gemar Gunakan Kain Daerah Dan Koleksi Batik

Ini Alasan Wamendag Gemar Gunakan Kain Daerah Dan Koleksi Batik
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Foto dok humas

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menuturkan dirinya sangat gemar memakai dan mengoleksi batik serta kain tenun dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurutnya, ini adalah upaya dirinya mencintai dan mempopulerkan produk asli Indonesia.

"Saya senang mengoleksi berbagai motif dari seluruh Indonesia. Tiap ke kantor atau menghadiri acara, saya biasanya pakai batik atau tenun daerah karena saya senang dengan itu," kata Jerry saat menyempatkan diri bertemu dengan perwakilan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Manggarai Barat di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Minggu (27/1).

Menurut Jerry, kegemaran ini membuatnya terus mempopulerkan produk daerah. Dia melihat, produk-produk lokal dan handmade di Indonesia bisa jadi komoditas dagang yang menarik bagi pasar internasional.

Pria 35 tahun ini juga menilai perlu ada penguatan marketing brand dari para pengusaha lokal supaya produk batik dan kain tenun daerah lebih dikenal lagi.

"Kita perlu inovasi sedikit soal brand awareness. Budget untuk promosi juga penting di era dagang saat ini. Kadin bisa merumuskan soal hal ini," tutur Jerry.

Selain itu, sayangnya pengusaha lokal kadang masih terkendala soal persyaratan ekspor, teknis melakukan ekspor, dan akses untuk melakukan promosi.

Terkait hal ini, menurut Jerry, Kemendag ke depannya akan membuka akses seluas-luasnya bagi para pengusaha lokal untuk melakukan promosi.

Produk-produk lokal dan handmade di Indonesia bisa jadi komoditas dagang yang menarik bagi pasar internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News