Ini Bahan Makanan Penting untuk Survivor Kanker Payudara

Ini Bahan Makanan Penting untuk Survivor Kanker Payudara
Ini Bahan Makanan Penting untuk Survivor Kanker Payudara

jpnn.com - SEORANG yang berhasil sembuh dari kanker (survivor), apalagi kanker payudara, tidak akan bisa hidup tenang karena risiko kambuh masih bisa menghampiri. Beruntung, tingkat keberlangsungan hidup survivor kanker dapat dibantu dengan pandai-pandai memilih asupan.

"Bahkan pola makan tidak hanya dapat mencegah seorang wanita dari kanker payudara tapi juga kekambuhan penyakit tersebut," kata Dr. Alison Estabrook, ahli bedah payudara dari St. Luke's-Roosevelt Hospital Center, New York seperti dilansir laman CNN, Rabu (15/1)

Hanya saja, tidak semua dokter spesialis kanker sepakat dengan manfaat nutrisi tertentu terhadap tingkat keberlangsungan hidup pasien kanker. Meski demikian, ada sejumlah bahan makanan yang dapat dimasukkan ke dalam pola makan pasien kanker untuk meningkatkan keberlangsungan hidupnya.

Berikut ini adalah jenis bahan makanan yang bermanfaat bagi survivor kanker;

1. Kedelai

Dr. Barry Boyd, pendiri program kedokteran integratif di Greenwich Hospital-Yale Health Systems mengatakan para wanita seharusnya tidak perlu lagi takut untuk mengkonsumsi kedelai. "Dulunya dikhawatirkan kedelai mengandung senyawa semacam estrogen yang dapat mempengaruhi pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Tapi sains tak pernah membuktikan adanya risiko, justru manfaat," kata Boyd.

Boyd menunjuk salah satu studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition yang mengamati asupan kedelai pada 9.500 wanita di AS dan Tiongkok setelah didiagnosis terkena kanker payudara. Ternyata, konsumsi isoflavon yang sering ditemukan dalam kacang kedelai terbukti dapat mengurangi risiko kekambuhan kanker payudara secara signifikan, terutama pada survivor kanker payudara invasif.

Namun American Cancer Society merekomendasikan wanita pasien kanker agar hanya mengkonsumsi kedelai dalam jumlah sedang, dan tidak mengkonsumsi pil, bubuk atau suplemen yang mengandung kedelai, apalagi yang mengandung isoflavon dosis tinggi.

SEORANG yang berhasil sembuh dari kanker (survivor), apalagi kanker payudara, tidak akan bisa hidup tenang karena risiko kambuh masih bisa menghampiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News