Ini Cara Bea Cukai Tarakan Dorong Produk Domestik Go International

Ini Cara Bea Cukai Tarakan Dorong Produk Domestik Go International
Bea Cukai Tarakan mengadakan kegiatan sosialisasi bermaterikan fasilitas KITE untuk industri kecil dan menengah (IKM). Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, TARAKAN - Bea Cukai Tarakan mengadakan kegiatan sosialisasi bermaterikan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) untuk industri kecil dan menengah (IKM) melalui video conference yang diikuti oleh pimpinan/pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Rabu (30/9) lalu.

Kegiatan tersebut dalam rangka mendorong produk domestik go international.

Di sosialisasi tersebut, Kepala Seksi Pelayananan Kepabeanan dan Cukai Bea Cukai Tarikan Budi Germawan, menjelaskan prosedur, sebaran populasi perusahaan KITE IKM, serta apa saja jenis-jenis industri dalam negeri yang menggunakan fasilitas KITE IKM.

Menurut Budi, IKM berperan penting dalam mendorong perekonomian suatu negara secara menyeluruh.

Tidak hanya sebagai penggerak roda perekonomian nasional, IKM juga mampu menjadi sumber penghidupan dan pembangunan masyarakat, terutama dalam industri yang lebih menonjolkan aspek-aspek ekonomi seperti kesempatan kerja, pemerataan pendapatan, dan pembangunan ekonomi di pedesaan.

“Bea Cukai memanfaatkan peluang tersebut untuk mendorong IKM lokal ke dunia internasional. Bea Cukai memulai langkah untuk memberikan akses seluas-luasnya bagi IKM nasional untuk bisa go international,” ujarnya optimis.

Ia mengatakan, fasilitas KITE-IKM ini merupakan kebijakan yang diberikan oleh Bea Cukai berupa insentif fiskal dan kemudahan prosedural untuk impor bahan baku oleh IKM yang menjadikan biaya produksi atas barang jadi yang diekspor dapat ditekan menjadi lebih rendah.

Lebih rendahnya biaya untuk produksi, menjadikan harga akan lebih murah dan menjadikan hasil produksi IKM lebih kompetitif di pasar global.

Bea Cukai Tarakan terus mendorong produk domestik hasil IKM untuk bisa go international.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News