Ini Cara Menggunakan Simulasi CAT Online

Ini Cara Menggunakan Simulasi CAT Online
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) optimistis, tes computer assisted test (CAT) bisa dengan mudah ‎dijalani para calon mahasiswa di tujuh sekolah ikatan dinas. Pasalnya, dewasa ini semua lulusan SMA sudah familier dengan teknologi informasi dan komunikasi.

Kabag Sistem Informasi pada Biro Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Taufikurahman mengungkapkan, dalam aplikasi CAT ini di dalamnya tersedia beberapapilihan.

Di antaranya ialah  beranda, registrasi, mulai CAT, papan skor, informasi CPNS, CAT offline, bantuan dan kontak. "Simulai CAT ini bisa dikunjungi melalui partner website Menpan RB di www.sc.menpan.go.id" ujarnya di Jakarta, Senin (11/4).

Cara pendaftaran yang dilakukan peserta adalah dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan biodata diri meliputi tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir serta instansi yang dituju.

Waktu yang diberikan untuk peserta ujian sekitar 15 menit dengan jumlah soal sebanyak 30 buah. Soal-soal yang disajikan berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Seperti diketahui, untuk pertama kalinya, tahun ini seleksi masuk tujuh sekolah ikatan dinas dilakukan secara terpadu. (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News