Ini Cara Pertolongan Pertama pada Pasien Demam Berdarah di Rumah

Ini Cara Pertolongan Pertama pada Pasien Demam Berdarah di Rumah
Seorang anak terserang demam berdarah (ilustrasi). Foto PojokBekasi

jpnn.com, SURABAYA - Pertolongan pertama yang bisa diberikan saat terkena Deman Berdarah Denque (DBD) adalah dengan cairan yang mengandung elektrolit.

Pemberian pertolongan pertama ini bisa dilakukan saat berada di dalam rumah.

"Saat seseorang terkena DBD suhu tubuhnya akan tinggi dan trombositnya akan turun. Nah, setiap suhunya naik satu derajat celcius, cairan dalam tubuh akan berkurang 200 hingga 250 CC," papar dr. Heru Wijono, Sp.PD.

Untuk itu, dokter internist yang bertugas di RS Husada Utama ini mengatakan, penting memberikan cairan yang mengandung elektrolit sebagai pertolongan pertama di rumah. 

"Tidak boleh sembarangan cairan harus yang mengandung elektrolit. Karena fungsi cairan tersebut untuk megantikan elektrolit tubuh yang hilang," ujarnya.

Heru menjelaskan, tubuh membutuhkan elektrolit untuk menggerakan otot jantung, otot ragka, menggerakan metabolisme di saraf dan badan. 

Selain terapi cairan elektrolit, Heru juga mengungkapkan, si penderita DBD bisa juga mengonsumsi obat antipanas, seperti paracetamol dan lainnya.

 "Tetapi yang utama tetap cairan yang mengandung elektrolit. Pastikan tidak sampai kekurangan cairan," tandas dokter spesialis penyakit dalam ini.

Perawatan pasien demam berdarah di rumah tetap tidak bisa disimpulkan sendiri karena harus ada rekomendasi dan pengawasan dokter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News