Ini Cerita Blak-Blakan Pengoplos Miras yang Tewaskan 3 Orang

Ini Cerita Blak-Blakan Pengoplos Miras yang Tewaskan 3 Orang
Petrus Roy Bernado. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Petrus Roy Bernado cerita blak-blakan mengenai pengalamannya mengoplos minuman keras (miras). Ratusan liter miras oplosannya telah dibeli pelanggan sejak 2016. Campurannya bahan kimia untuk makanan plus alkohol 90 persen. Semua masih hidup.

Roy mengaku tidak serius menjual miras. Karena itu, dia tidak pernah menguji mirasnya ke laboratorium. ''Saya sehari-hari kerja di salon mobil,'' kata lelaki 37 tahun itu kemarin.

Dia tidak menyangka miras oplosan tersebut menewaskan tiga pemuda Desa Hulaan, Kecamatan Menganti, pada 13 Maret lalu. ''Saya dan pembantu laki-laki (minum), tapi tidak apa-apa. Mabuknya pas,'' tuturnya. Majelis hakim dan jaksa penuntut umum (JPU) geleng-geleng kepala. Terdakwa terlihat begitu tenang dan percaya diri.

Jaksa penuntut umum (JPU) Mansur mengutip keterangan seorang saksi ahli yang dihadirkan dalam perkara tersebut. Miras oplosan yang dijual Roy dinyatakan tidak layak dikonsumsi manusia. ''Karena miras racikan terdakwa mengandung antiseptik,'' kata Mansur. Roy tertunduk. Dia mengatakan tidak punya izin memproduksi dan mengedarkan miras.

Terdakwa memproduksi miras oplosan di kawasan Kenjeran, Surabaya. Miras itu diedarkan secara ilegal di beberapa daerah, termasuk Menganti. (yad/c15/roz)


Roy mengaku tidak serius menjual miras. Karena itu, dia tidak pernah menguji mirasnya ke laboratorium


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News