Ini Dia Calon Pemodal 3 Jalan Tol di Kaltim

Ini Dia Calon Pemodal 3 Jalan Tol di Kaltim
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - SAMARINDA – Calon pemodal sekaligus operator di tiga seksi jalan tol Balikpapan-Samarinda sudah mengerucut ke empat perusahaan. Keempat perusahaan yang lolos tahap prakualifikasi, yakni konsorsium Naza Engineering and Construction dan PT Daya Mulia Turangga, PT Waskita Toll Road dan Konsorsium PT Citra Marga Nusaphala Persada-PT Bina Sarana Konstruksi-PT Brantas Abipraya-PT Istaka Karya.

Artinya, 15 calon investor yang mengambil dokumen prakualifikasi bertumbangan. Itu sekaligus menjawab belum jelasnya pembiayaan 63,06 kilometer dari total panjang 99,02 kilometer tol yang membentang di dua kota utama di Kaltim ini.

Artinya, 15 calon investor yang mengambil dokumen prakualifikasi bertumbangan. Keempat perusahaan yang lolos tahap prakualifikasi, yakni konsorsium Naza Engineering and Construction dan PT Daya Mulia Turangga, PT Waskita Toll Road dan Konsorsium PT Citra Marga Nusaphala Persada-PT Bina Sarana Konstruksi-PT Brantas Abipraya-PT Istaka Karya.

Di samping itu, terdapat konsorsium PT Jasa Marga-PT Wijaya Karya-PT Pembangunan Perumahan-PT Bangun Tjipta Sarana. Tol Balsam terbagi menjadi lima seksi. Baru dua seksi yang sudah dipastikan pembiayaannya. Yakni, Seksi I (Km 13 Balikpapan-Samboja) dengan APBD Kaltim Rp 1,5 triliun dan Seksi V (Km 13-Sepinggan Balikpapan melalui pinjaman dari Tiongkok serta sharing APBN sekitar Rp 848,55 miliar.

Sementara itu, untuk Seksi II (Samboja-Palaran I), Seksi III (Samboja-Palaran II), dan Seksi IV (Palaran-Jembatan Mahkota II), masih memerlukan dana segar mencapai Rp 6 triliun –di luar pembebasan lahan. (far/jos/jpnn)

 

 

 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News