Ini Dia Calon Pengganti Novanto versi Agung Laksono

Ini Dia Calon Pengganti Novanto versi Agung Laksono
Agus Gumiwang Kartasasmita. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Fraksi Golkar DPR kubu Munas Ancol pimpinan Agung Laksono tak mau kalah dan ikut mengambil peran dalam pengisian ketua DPR pengganti Setya Novanto, yang mundur dari jabatan karena skandal Papa Minta Saham. Nama mengusulkan Agus Gumiwang Kartasasmita.

Ketua Fraksi Golkar DPR kubu Ancol itu, tertuang dalam surat fraksi yang ditandatangani sendiri oleh Agus dan Sekretaris Fraksi Fayakhun Andriadi.

Menurut Dave Laksono, surat perihal pergantian ketua DPR RI dan komposisi kepengurusan fraksi itu telah dikirimkan ke pimpinan DPR tapi tidak dibacakan dalam rapat paripurna Jumat (18/12).

“Sudah sudah kita kirim tadi pagi mungkin ada yang lalai sehingga pimpinan tidak melihat. Tapi sudah kita kirim tadi pagi sudah ada tanda terimanya," tegas Dave, usai sidang paripurna yang diskors karena memasuki waktu ibadah Jumat.

Alasan kuat kubu Munas Ancol menyatakan paling berhak mengusulkan calon pengganti Novanto, adalah karena SK Menteri Hukum dan HAM yang mengesahkan kepengurusan DPP Partai Golkar hasil Munas Ancol, belum dicabut. Ini tertuang dalam surat tersebut.

“Bahwa kepemimpinan Agung Laksono dan Zainuddin Amali sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal masih sah dan berlaku berdasarkan SK Kemenkumham RI Nomor: M.HH-01 .AH.11.01 Tahun 2015 tanggal 23 Maret 2015," seperti tertulis di surat itu.

Atas dasar hukum itu serta arahan dan petunjuk ketum partainya Agung Laksono, fraksi Golkar di DPR mengirimkan surat ke pimpinan menyampaikan  bahwa nama Dr Agus Gumiwang Kartasasmita Nomor Anggota DPR A-254 sebagai Ketua DPR RI yang baru.

Surat ini berbeda dengan yang dibacakan Plt Ketua DPR Fadli Zon, ketika memimpin Rapat Paripurna, Jumat pagi. Surat yang mereka bacakan masuk dari Fraksi Golkar pimpinan Setya Novanto dan Sekretaris Fraksi Bambang Soesatyo, yang menunjuk Ade Komarudin sebagai Ketua DPR pengganti Novanto.

JAKARTA – Fraksi Golkar DPR kubu Munas Ancol pimpinan Agung Laksono tak mau kalah dan ikut mengambil peran dalam pengisian ketua DPR pengganti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News